3 Makanan Khas Maluku, Dijamin Enak!

3 Makanan Khas Maluku, Dijamin Enak!

Satu diantara hal yang menarik dari wisata yaitu mencicipi makanan lokalnya. Sayang sekali kan bila Anda jauh-jauh liburan ke Indonesia Timur, lantas yang Anda mencari yaitu McDonald’s atau KFC. Berhubung bebrapa tempo hari saya pernah mengulas mengenai Pantai Ora di Maluku, jadi saat ini saya menginginkan memperkenalkan Clickers dengan makanan ciri khas Maluku. Agar bila besok Clickers liburan ke Maluku, Clickers sudah mengetahui kurang lebih ingin mencicipi makanan apa. Tersebut 10 makanan ciri khas Maluku yang perlu Anda cobalah waktu liburan kesana : 

1. Papeda 
Clickers tentu telah sempat mendengar mengenai makanan ciri khas Maluku yang satu ini. Tetapi mungkin saja belum juga tahu memiliki bentuk seperti apa. Papeda terbuat dari bubur sagu yang umumnya dihidangkan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Tetapi papeda bisa pula dipadukan dengan ikan gabus, kakap merah, maupun ikan kue. Papeda ini mempunyai struktur yang lengket seperti lem serta rasa-rasanya tawar. Papeda baiknya disantap saat panas. Langkah memakannya juga cukup unik, yakni dengan tidak memakai sendok tetapi segera diseruput dari piringnya. 

2. Ikan Kuah Pala Banda 
Ikan kuah pala banda adalah kuliner asli orang-orang di Kepulauan Banda. Pulau Banda memanglah di kenal karna rempah-rempahnya. Kelezatan ikan kuah pala ini telah di kenal mulai sejak beratus-ratus tahun kemarin. Bahkan juga, ikan kuah pala senantiasa dihidangkan untuk menjamu beberapa pejabat Belanda yang datang ke Banda. Kuah sopnya merasa begitu fresh, rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini umumnya dihidangkan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang di buat dari ikan cakalang tumbuk. 


3. Nasi Lapola 
Meskipun sepanjang di sekolah kita senantiasa diajari kalau makanan pokok orang Maluku yaitu sagu, tapi mereka makan nasi juga, lho! Nasi lapola yaitu makanan ciri khas Maluku yang dibuat dengan memakai kacang tolo. Beras yang dibuat dengan api kecil hingga 1/2 masak lantas digabungkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, serta garam, lantas diaduk rata. Kemudian adonan nasi lapola ini dikukus sampai masak.


Comments

Popular posts from this blog

Mencicipi Kuliner Yang Ada Di Macau, China

Buat Ramai, Ini 5 Makanan-Minuman Viral di Indonesia

KULINER AWAN LOUNGE