Kuliner Indonesia Garang Asem

Kuliner Indonesia Garang Asem


Kuliner Indonesia - Bondan Winarno sempat memaparkan rahasia buat kuah garang asem jadi lebih nikmat serta fresh. Rahasia yang lalu ditulisnya dalam buku berjudul 100 Resep Mak Nyus Jakarta ini begitu simpel serta dapat di buat oleh siapa juga.

Dalam pandangan Bondan Winarno, garang asem sendiri miliki dua versus berlainan, yakni versus Kudus yang tanpa ada santan serta versus Solo yang memakai santan. Walau berlainan, satu hal yang membuatnya sama yaitu dibuat lewat cara dibungkus daun pisang. Nama “Garang” sendiri menurut dia datang dari langkah membuatnya yang dikukus atau digarang.

Dalam buku itu Bondan Winarno menerangkan, cita rasa kuah garang asem sendiri berasal berbahan belimbing sayur yang jadi bahan pelengkapnya. Kesegaran kuah juga di pengaruhi dari kaldu asli rebusan ayam.

Kesegaran kuahKunci Kesegaran Kuah Garang Asem 

Tetapi satu hal yang diutamakan Bondan Winarno untuk hasilkan kuah garang asem yang fresh, yakni pilihan ayam yang pas. Menurut Bondan, ayam kampung jadi bahan baku yang pas untuk hasilkan kuah yang fresh. Terkecuali memengaruhi kuah kaldu garang asem, pemakaian ayam kampung juga pas karna daging ayam kampung tidak gampang hancur waktu sistem pengukusan yang lama. juga di pengaruhi dari kaldu asli rebusan ayam.


Resep Garang Asem 

Untuk buat satu sajian garang asem dibutuhkan satu ekor ayam yang dipotong jadi 16 sisi jadi bahan intinya. Disamping itu beberapa bahan yang lain yaitu bawang merah serta putih, cabai rawit hijau, daun salam, lengkuas, serai, belimbing sayur, tomat hijau, serta jahe. Semuanya bahan itu iris tidak tebal, terkecuali cabai rawit hijau.

Langkah buat Garang Asem begitu simpel, awalannya tumis bumbu yang sudah iris sampai halus. Kemudian masukan ayam, garam, gula, daun salam, lengkuas, jahe, serta serai. Masak sampai ayam jadi sedikit empuk. Siapkan daun pisang yang tidak tipis, bila di rasa butuh berikan daun pisang dengan berlapis supaya tidak bocor. Kemudian masukan ayam dengan kuahnya, lantas berikan irisan belimbing sayur, tomat ijo, serta cabai rawit. Kukus sepanjang sekitaran 15 menit saja hingga daging ayam jadi empuk.

Comments

Popular posts from this blog

Mencicipi Kuliner Yang Ada Di Macau, China

Buat Ramai, Ini 5 Makanan-Minuman Viral di Indonesia

KULINER AWAN LOUNGE